8 Tuntutan Mahasiswa Sekabupaten Paser, 5 Diantaranya Untuk Pemkab Paser

Rabu,13 April 2022 11:20WIB

IMG-20220413-WA0041

SIMPUL.MEDIA, Paser – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Cipayung Plus se Kabupaten Paser, mendatangi kawasan persimpangan Tugu Usuk Bulau, titik utama Kecamatan Tanah Grogot, dalam rangka Aksi Pencerdasan atau Mumbar bebas, Rabu (13/4/2022).

Kedatangan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi eksternal dan internal kampus itu, untuk menggaungkan 8 tuntutan baik terhadap Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dalam bentuk orasi.

“Aksi yang digelar secara damai ini untuk menyuarakan tuntutan masyarakat, khususnya kepada pemerintah daerah,” kata Koordinator Lapangan, Hamsyahnuddin.

Adapun organisasi yang terlibat diantaranya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Samarinda cabanh Paser, BEM STIE Widya Praja, BEM Stiper Muhammadiyah, dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STIT Ibnu Rusyid.

Selain itu, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), yang merupakan organisasi kemahasiswaan di Kabupaten Paser.

Tuntutan yang disampaikan, antara lain menolak Kenaikan bahan bakar minyak (BBM), menolak kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN), menolak penundaan pemilu 2024 maupum penambahan masa jabatan Presiden.

Selain itu terhadap Pemerintah Daerah, pihaknya mempertanyakan kesiapan Pemkab Paser dalam menyambut IKN, meminta Pemkabuntuk merapikan pembangunan dan infrastruktur, menuntut keterlinatan pemuda dalam menjalankan program kerja Paser MAS.

Tak hanya itu, pihaknya meminta transparansi program kerja Pemkab Paser khususnya Bupati dan Wakil Bupati, serta mendesak kecakapan Pemerintah dalam menangani pengawasan penyaluran kebutuhan pokok.

“Dari semua tuntutan kami nantinya akan disampaikan juga ke DPRD, kami berharap DPRD akan segera menyampaikan kepada Pemkab Paser,” pungkas Hamsyahnuddin.

Aksi yang digelar sejak 16.00 WITA hingga 18.00 WITA itu diakhiri dengan duduk melingkar untuk doa bersama. Pihak kepolisian turut hadir mengamankan aksi tersebut. Pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolres Paser, AKBP Kade Budiyarta.

“Saya sangat mengapresiasi kepada BEM SI Kabupaten Paser, karena sudah melaksanakan kegiatan ini yang pelaksanaannya secara tertib dan lancar,” ucap Kade sapaan akrabnya.

Ia mengapresiasi aksi yang dilakukan mahasiswa secara tertib. Diakhir aksi, pihaknya turut membagikan kotakan agar mahasiswa dapat berbuka puasa. Ia turut membagikan takjil kepada mahasiswa sepulang aksi.

“Inikan bulan ramadan, kami tahu bahwa mereka melaksanakan kegiatan sudah mulai siang dan sebentar lagi akan mendekati waktu berbuka puasa, maka kami ingin berbagi kepada mahasiswa untuk berbuka,” tuturnya. (ul)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI