AKDP Kebanjiran Penumpang, Ribuan Pemudik Keluar Masuk Paser

Selasa,10 Mei 2022 12:44WIB

Terminal KM 7

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pemudik yang datang dan keluar Kabupaten Paser dipastikan mencapai ribuan orang. Hal ini terpantau dari aktivitas Angkutan Antara Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang terlihat di Terminal Kilometer 7, Kecamatan Tanah Grogot.

Hal itu terjadi sejak lebaran ketiga lalu Rabu (4/5/2022) hingga berakhirnya masa liburan pekan lalu. Puncak penumpang yang datang ke Kabupaten Paser, bahkan terjadi pada Minggu (8/5/2022) lalu.

Sementara dihari pertama pasca berakhirnya libur lebaran, Senin (9/5/2022) masih tersisa sejumlah penumpang yang masuk maupun keluar Kabupaten Paser. Keterisian AKDP tersebut juga diprediksi mencapai 70 persen dari kapasitas.

“Alhamdulillah, tahun ini penumpangnya banyak. Tidak seperti dua tahun terakhir sangat sepi,” ujar seorang sopir bus.

Lonjakan penumpang itu, tak lain imbas dari kebijakan Pemerintah Pusat yang membebaskan masyarakat untuk mudik. Sehingga banyak warga yang memilih pulang kampung dari maupun menuju Kabupaten Paser.

Lonjakan penumpang di terminal tentunya memberi angin segar bagi pelaku usaha dibidang transportasi darat. Pasalnya, sopir dan kernet merasakan dampaknya. Dampak itu mulai terasa bahkan sejak dimulainya libur lebaran pada Jumat (29//4/2022).

Plh Kepala Terminal Kelas II Penajam, Hasanuddin turut menyebut, dia menyebut kedatangan penumpanh yang tiba di terminal Penajam cukup tinggi. Hampir semua Bus terisi penuh. Begitu juga saat arus balik setelah lebaran.

“Bahkan sampai 24 unit mobil Colt juga terisi penuh selama libur lebaran ini,” kata Hasanuddin. (ng)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI