Bandara VVIP IKN Nusantara Dibangun 2030

Selasa,16 Agustus 2022 07:08WIB

Kepala Pusdalitbang Transportasi Udara Kemenhub RI, Capt Novyanto Widadi. (Foto; Awal/Simpul.Media)
Kepala Pusdalitbang Transportasi Udara Kemenhub RI, Capt Novyanto Widadi. (Foto; Awal/Simpul.Media)

SIMPUL.MEDIA, Balikpapan – Rencana pembangunan bandara udara Very-Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berada di Kelurahan Gersik, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Pengerjaan fisik untuk pembangunan bandara VVIP penunjang IKN ini bakal dikerjakan pada 2030 mendatang. Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Pusdalitbang) Transportasi Udara Kemenhub RI, Capt Novyanto Widadi.

“Untuk bandara (VVIP) itu 2030 kalau saya tidak salah. Jadi dibuat jaringan jalannya dulu, setelah itu baru bandaranya,” ucap Novyanto Widadi, usai pleno rapat hasil peninjauan bandara Paser di Platinum Hotel and Convention Hall Kota Balikpapan, Kamis (4/8/2022) malam.

Dikonfirmasi terkait Kunjungan Menteri Perhubungan yang melakukan peninjauan lokasi pada Februari lalu, dimana lelang kegiatan bakal dilakukan tahun ini. Sehingga pembangunan bandara VVIP ditargetkan rampung dan dioperasikan 2024 mendatang.

“Kalau lelang saya rasa untuk infrastruktur. Namun kalau untuk Bandara itu masih 2030 kalau saya tidak salah.

Sekadar informasi, bandara VVIP ini nantinya berdiri di lahan seluas 2.600 hektare. Selain dikhususkan untuk tamu VVIP, namun juga untuk keperluan militer. “Karena di sana nanti ada aspek-aspek pertahanan, jadi alutsista akan digeser,” tuturnya.

Novyanto menyebut penetapan lokasinya sudah pada taraf final. Bahkan telah membuat analisis jika IKN telah pindah, berapa kapasitas atau beban penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan maupun APT Pranoto Samarinda. “Kita sudah simulasikan untuk keperluan bandara baru,” pungkasnya. (ir)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI