Bintara Polri Asal Paser Dilantik, Jadi Pelecut hingga Inginkan Penambahan Kuota

Jumat,8 Juli 2022 02:16WIB

Bupati

SIMPUL.MEDIA, Kukar – Sebagai bentuk rasa bangga dan dukungan terhadap putra-putri daerah, Bupati Paser Fahmi Fadli menghadiri upacara penutupan pendidikan sekaligus pelantikan dan pengambilan sumpah Bintara Polri Gelombang I/2022 di SPN Aji Haji Muhammad Salehuddin II, Jonggon Kutai Kartanegara, Kamis (7/7/2022).

Dari 415 Bintara yang dilantik 11 diantaranya dari Kabupaten Paser. Diambil sumpahnya sebagai abdi negara. Fahmi merasa bangga karena dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik.

“Secara pribadi dan juga atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada Bintara berasal dari Kabupaten Paser. Selamat telah mengikuti pendidikan, pelatihan dan pengambilan sumpah,” kata Fahmi, kepada awak media.

Dengan adanya Bintara Polri asal Kabupaten Paser, diharapkan Fahmi dapat menjadi pelecut bagi putra-putri di wilayah selatan Kaltim ini. Dimana bisa mendaftar hingga mengikuti pendidikan di Korps Bhayangkara.

“Semoga ini menjadi motivasi yang berkeinginan bergabung menjadi Bintara. Kami berharap kuota (calon siswa) Bintara di Paser kedepannya bisa lebih besar lagi,” harap Ketua Ketua DPC PKB Paser itu.

Dengan adanya siswa asal Kabupaten Paser yang lulus Bintara, merupakan kerja sama antara Pemda dan Polres Paser dalam mempersiapkan calon anggota Polri yang berkualitas melalui proses rekrutmen prinsip Bersih, Transparansi, Akuntabel dan Humanis (BETAH).

Adapun 11 Bintara asal Paser, terdiri dari 9 Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dan 2 Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) yang menyelesaikan pendidikannya di SPN Polda Kaltim.

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto menuturkan pendidikan Bintara Polri di SPN Polda Kaltim Gelombang I/2022 diikuti 415 siswa. Yakni 175 siswa dari Polda Kaltim dan 240 siswa dari Polda Kaltara.

“Jumlah siswa yang dinyatakan lulus ini mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Jumlah ini tidak mengalami perubahan dari total siswa yang masuk mengikuti pelatihan di SPN Desa Jonggon,” tuturnya.

Direncanakan pada akhir Juli 2022, kembali akan dibuka pendaftaran calon siswa Bintara Polri Gelombang II/2022 dengan jumlah kuota Polda Kaltim sebanyak 238 siswa dan Polda Kaltara 204 siswa. (ir)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI