Bisa Diakses Kapan Saja, Ini Cara Baca 669 e-Book di iPasermas

Selasa,29 November 2022 09:26WIB

Ilustrasi : Aplikasi 669 e-Book di iPasermas (Awal/SIMPUL.MEDIA)
Ilustrasi : Aplikasi 669 e-Book di iPasermas (Awal/SIMPUL.MEDIA)

SIMPUL.MEDIA, Paser – Terobosan dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Paser dengan menghadirkan aplikasi perpustakaan digital. Tentunya untuk mempermudah pembaca, karena lebih efisiensi waktu bisa diakses di mana dan kapanpun.

Pasalnya, jemari tinggal berselancar di atas gawai pembaca telah dapat memilih buku yang pengin dibaca. “Total ada 669 buku elektronik yang tersedia,” kata Kepala Bidang Akuisisi dan Layanan Pustaka DKP Kabupaten Paser, Ningsih, Selasa (29/11/2022).

Dari ratusan buku elektronik itu terdiri dari berbagai kategori, mulai pelajar, umum hingga Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Adapun beragam jenis bukunya, antara lain; kesenian, agama, filsafat, teknik dan arsitektur, hukum, pertanian, perkebunan, kelautan.

Juga ada bahasa dan sastra, sosial, ilmu terapan, matematika, sains, ekonomi, pariwisata, tata boga, tata busana, kehutahan, psikologi, statistik hingga kesehatan.

“Dari 669 e-book (elektronik buku, Red) itu masing-masing dengan judul berbeda. Jadi satu buku satu judul,” sambung Ningsih yang diiyakan Operator Aplikasi Digital DKP Paser, Nina Septian Dini.

π‘‚π‘π‘’π‘Ÿπ‘Žπ‘‘π‘œπ‘Ÿ π΄π‘π‘™π‘–π‘˜π‘Žπ‘ π‘– π·π‘–π‘”π‘–π‘‘π‘Žπ‘™ 𝐷𝐾𝑃 π‘ƒπ‘Žπ‘ π‘’π‘Ÿ, π‘π‘–π‘›π‘Ž π‘†π‘’π‘π‘‘π‘–π‘Žπ‘› 𝐷𝑖𝑛𝑖

Namun untuk menikmati fasilitas perpustakaan digital, lebih dulu mengakses melalui laman website https://kubuku.id/download/ipasermas, kemudian akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi iPasermas hingga berlanjut mendaftar menjadi anggota.

Karena tak ada judul yang sama, sehingga pembaca yang pengin membaca buku elektronik tersedia, namun tidak dapat diakses, dikatakan Ningsih jika mengalami hal tersebut berarti buku tersebut sedang dibaca anggota perpustakaan digital lain.

“Membaca e-book dibatasi sampai tujuh hari saja. Selebihnya akan otomatis kembali pada daftar buku yang dapat dibaca member (anggota, Red) lain,” urai dia.

Sekedar diketahui, untuk terobosan perpustakaan digital dengan 669 buku elektronik itu menelan anggaran Rp58 juta. (ir)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI