Bulog Sebut Bahan Pokok Aman

Kamis,31 Maret 2022 10:22WIB

Bulog Paser

SIMPUL.MEDIA, Paser – Stok bahan pokok jelang Ramadan di Kabupaten Paser dipastikan tercukupi. Salah satunya beras, saat ini ketersedian mencapai 600 ton. Bahkan tak menutup kemungkinan mengalami penambahan, seiring dengan penyerapan yang dilakukan April mendatang.

“Kepala Kantor Cabang Pembantu (Kancapem) Tanah Grogot, Radhy Anshari, mengatakan pasokan beras ini menyerap hasil petani dark Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Etimasi penyerapan diperkirakan 100 sampai 150 ton beras lokal pada akhir Maret atau awal April,” kata Radhy Anshari.

Sehingga dapat diasumsikan stok beras di awal Ramadan sekira 750 ton. Dikatakannya lebih dari cukup untuk 3 sampai 4 bulan ke depan.

Sementara stok gula di Bulog sebanyak 4,5 ton. Ia bilang pekan depan atau awal Ramadan bakal ada penambahan ketersediaan, sekira 25 ton dan secara bertahap nantinya mencapai 100 ton. Sedangkan 6,7 ton ketersedian daging saat ini.

“Kemungkinan pekan ketiga Ramadan, insyaallah akan ada penambahan stok untuk daging. Saat ini terigu yang tersedia di gudang Bulog Tanah Grogot sebanyak 2 ton,” ucapnya.

Dirinya juga menyebut pekan pertama Ramadan disiapkan 2.400 liter. Pasokan minyak goreng tersebut dikhususkan hanya untuk kemasan premium tak tersedia untuk minyak goreng curah.

“Kami jual dengan harga yang lebih rendah dari harga jual ritel modern maupun pasar tradisional, dengan harga Rp 46 ribu sampai Rp 47 ribu untuk kemasan 2 liter,” papar Radhy.

Ia menyatakan kesiapannya, jika ada permintaan untuk melakukan pasar murah atau bazar bahan pokok untuk disalurkan ke masyarakat. Untuk itu, Radhy mengimbau masyarakat untuk tidak panik buying untuk pembelian komuditi.

“Jika ada permintaan dari pemerintah untuk melakukan pasar murah pada dasarnya kami siap,” tutupnya. (ir)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI