Butuh Rp. 6 M Bersiap Menuju Porprov, DPRD Paser Dukung Penuh

Mon, 11 Apr 2022 23:23:48 | author Simpul Media
IMG-20220411-WA0050

SIMPUL.MEDIA, Paser – Dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser terhadap Kontingen Paser, menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim, dibahas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser, bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Paser.

Pembahasan keikutsertaan kejuaraan olahraga 4 tahunan itu, guna mendapat kepastian dari Pemkab Paser terhadap alokasi anggaran yang nantinya jadi akomodasi atlet dan official untuk berangkat menuju Kabupaten Berau sebagai tuan rumah, November 2022 mendatang.

Ketua KONI Kabupaten Paser, Totok Sumardiono menjelaskan, kebutuhan anggaran untuk Kontingen Paser setidaknya berkisar di angka Rp. 6 miliar. Namun yang diakomodir melalui APBD 2022 hanya Rp. 1,5 miliar.

“KONI hanya dialokasikan 1,5 miliar. Itu sifatnya hibah, sementara nilai itu hanya cukup untuk rutin kegiatan, kami berharap Pemkab bisa menambah kebutuhan kami di Perubahan,” kata Totok saat rapat, di ruang Bapekat DPRD Kabupaten Paser, Senin (11/4/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Muksin menjelaskan, dana yang dialokasikan diakui sangat kurang. Kendati begitu, kebijakan penganggaran menjadi kewenangan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Adanya kebutuhan itu, menurutnya diusulkan kembali ke Pemkab Paser, agar dialokasilan di APBD Perubahan 2022. Meski demikian, Muksin mengingatkan agar KONI menyampaikan kebutuhan anggaran tersebut dengan mencantumkan rencana kegiatannya.

Pasalnya, hingga kini Disporapar Kabupaten Paser belum mengetahui berapa jumlah cabang olahraga (cabor) maupun atlet yang akan diberangkatkan. Perlunya mencantumkan rencana kegiatan itu, nantinya jadi bahan pertimbangan TAPD.

“Batas pengesahan anggaran September mendatang, jika sudah pengesahan sudah dipersiapkan lebih cepat. Kalau untuk ketersediaan anggaran, kita lihat dulu apa saja kebutuhannya, itu nanti di TAPD,” terang Muksin.

Menyikapi hal itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Paser, Ikhwan Antasari menjelaskan, akan mendukung penuh kebutuhan KONI, agar tetap berangkat. Pihaknya juga akan melibatkan pihak ketiga alih-alih ketersediaan anggaran tidak mumpuni untuk memberangkatkan atlet.

“Kami dukung penuh, nanti kita coba libatkan pihak swasta untuk membantu KONI. Kami ada di banggar juga akan tindaklanjuti ini,” kata Politis Golkar itu.

Namun Ikhwan juga mengingatkan, agar KONI mempersiapkan apa saja yang jadi kebutuhan yang akan di alokasikan. Pihaknya berharap agar segera mendapat jawaban dari Pemkab Paser untuk dicari solusi selanjutnya.

“Kita setujui usulan itu. Tapi KONI juga harus buatkan apa saja kebutuhannya. Kita sempatkan itu di Perubahan. Yang jelas harus berangkat,” tambahnya. (ng)

BACA JUGA

News Feed

Paser Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP dari Kemendagri

SIMPUL.MEDIA, Padang – Kabupaten Paser menjadi satu diantara 4 Kabupaten penerima penghargaan karya bhakti peduli…

Rakerprov KONI Kaltim, Bupati Paser Paparkan Kesiapan Porprov 2026

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2026 mendatang nantinya bakal diselenggarakan didaerah paling…

Perkiraan 7 Anggota DPRD Kaltim Dapil PPU-Paser, PKB Puncaki Klasemen Sementara

SIMPUL.MEDIA, Paser – Perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Kaltim…

MPC PP Paser Kawal Proses Rekapitulasi Suara Pemilu Diseluruh Kecamatan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Paser turut serta mengawal…

Berkah Pemilu 2024, Kursi PKB di DPRD Paser Melejit Signifikan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Perolehan kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pemilu 2024 melejit siginifikan. Untuk diketahui,…

2 Hari Pencarian, Seorang Pria Terjatuh Dari Jembatan Sungai Kandilo Ditemukan Tak Bernyawa

SIMPUL.MEDIA, Paser – Setelah 2 hari pencarian Hairuddin Asfriansyah (23) yang diduga terjatuh di Jembatan…

Pria di Paser Dikabarkan Terjatuh Dari Jembatan Sungai Kandilo, Tujuh Jam Pencarian Belum Ditemukan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Seorang warga asal Kelurahan Tanah Grogot, Kecamatan Tanah Grogot, Hairudin Afriansyah (23)…

Rutan Tanah Grogot Maksimalkan Pengamanan WBP Jelang Pemilu 2024

SIMPUL.MEDIA, Paser – Guna kelancaran proses pemilihan umum (Pemilu) 2024, Rumah tahanan (rutan) Tanah Grogot…

Polres Paser Kerahkan 374 Personel Pengamanan Pemilu 2024

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pada apel pergeseran pasukan Polres Paser, sebanyak 374 personel bakal dikerahkan dalam…

DPC PUTRI Paser Siap Bantu Kembangkan Wisata di Bumi Daya Taka

SIMPUL.MEDIA, Paser – DPC Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kabupaten Paser terbentuk untuk periode…

error: Content is protected !!