Cabor Catur Popda XVI Kaltim Mulai Digelar

Minggu,23 Oktober 2022 12:05WIB

Popda Catur

SIMPUL.MEDIA, Paser – Cabang Olahraga (Cabor) catur pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke XVI Kaltim di Kabupaten Paser resmi dimulai. Perhelatan ini terselenggara di Aula SMP Negeri 2 Tanah Grogot, Jalan DI Panjaitan, Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Minggu (23/10/2022).

Sekretaris Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kaltim, Abdul Hasan menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 24 atlet dengan rincian 13 putra dan 11 putri utusan 5 Kontingen yakni Samarinda, Bontang, Berau, Paser, Balikpapan.

“Pecatur yang bertanding ini dari tingkat SD hingga SMA. Kegiatan ini sebagai ajang mencari bibit atlet muda dan sebagai upaya pembinaan yang berkesinambungan,” kata ucap Hasan.

Ia berharap dengan terhelatnya kegiatan ini dapat menciptakan generasi penerus yang berprestasi tidak hanya ditingkat provinsi namun ditingkat nasional bahkan hingga dunia, mengingat beberapa pecatur asal indonesia yang mendunia berasal dari Kaltim.

Sementara untuk kategori yang diperebutkan, lanjut Hasan, sebanyak 6 nomor. Yaitu catur kilat, cepat dan klasik putra dan putri. Pertandingan ini dijadwalkan berjalan selama 3 hari dengan persiapan matang dalam merebutkan medali.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Muksin menyatakan, agar setiap atlet dapat menjunjung tinggi sportivitas dalam bermain. Baginya, permainan catur cukup unik lantaran lebih mengutamakan strategi dan kecerdikan.

Sehingga pertandingan ini tujuannya guna mempererat silaturahmi antar pelajar dan mengembangkan kemampuan para atlet muda. Selain itu mengingatkan agar para atlet yang menang tidak sombong dan yang kalah tidak rendah diri.

“Junjung tinggi sportivitas dan semangat yang tinggi untuk meraih prestasi terbaik,” sebut Muksin.

Diketahui, pada Popda kali ini ada 20 cabang olahraga yang dipertandingan. Beberapa pertandingan hingga kini yang sudah berjalan yakni gulat, bola voli, basket dan dayung. Sementara, yang sedang menuju final yakni tinju dan bulu tangkis. (ng)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI