DPC Gerbang Tani Kabupaten Paser Segera Dilantik

Rabu,30 November 2022 07:06WIB

PicsArt_22-11-30_18-55-59-957

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pasca resmi terbentuk, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) Kabupaten Paser periode 2021-2026 akan segera dilantik.

Pelantikan yang akan berlangsung pada awal Desember 2022 itu, berdasarkan kesepakatan pengurus, terlaksana di Hotel Kyriad Sadurengas, Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot oleh perwakilan dari Dewan Pengurus Nasional (DPN) Gerbang Tani.

“Pelaksanaannya dalam minggu ini. Nantinya yang hadir dari pengurus nasional dan para pihak terkait,” kata Ketua DPC Gerbang Tani Kabupaten Paser, Sukran Amin saat dihubungi, Rabu (30/11/2022).

Sukran menjelaskan, Gerbang Tani merupakan organisasi yang mewadahi petani dan nelayan untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Untuk di Kabupaten Paser, kepengurusan organisasi yang didukung oleh Kementerian Pertanian ini baru terbentuk pada 2021.

“Mudah-mudahan dengan adanya Gerbang Tani ini bisa meningkatkan martabat dan taraf hidup para petani, nelayan serta peternak di Paser agar semakin hari semakin baik,” ucapnya.

Lebih lanjut, keberadaan Gerbang Tani diharapkan dapat menjadi jembatan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan petani. Pasalnya, banyak sekali program pemerintah baik pusat maupun daerah yang sangat membantu peningkatan pendapatan bagi petani.

Apalagi kedepan, sesuai Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Paser 2023, Pemkab Paser akan fokus pada pengembangan industri pengolahan pertanian. Hal ini selaras dengan hadirnya Gerbang Tani, namun harus mendapat dukungan dari semua elemen.

“Sekarang tinggal menyusun rencana program Gerbang Tani. Semoga organisasi ini tidak hanya sebagai simbol atau organisasi temporer semata. Program kami selaras dengan rencana daerah,” ungkapnya.

Nantinya, pelantikan pengurus sebanyak 30 orang. Kegiatan itu juga akan dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2014-2019, Muhammad Hanif Dhakiri dan Ketua Dewan Pembina Gerbang Tani Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin via zoom. (ng)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI