Gelar Sosper P4GN, Yenni Ingatkan Masyarakat Paser Antisipasi Dini hingga Upaya Dukung Pecandu Berhenti

Selasa,1 November 2022 08:21WIB

Sosper P4GN

SIMPUL.MEDIA, Paser – Guna mencegah penyalahgunaan obat-obatan terlarang, semua pihak harus turut serta dalam pencegahannya, baik masyarakat maupun pemangku kebijakan semua harus bahu-membahu

Salah satunya yang dilakukan Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Yenni Eviliana dengan menggelar sosialisasi peraturan (Sosper) daerah Nomor 4 tahun 2022 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Prekursor Narkotika dan Psikotropika di Desa Padang Pengrapat, Kecamatan Tanah Grogot.

Yenni mengatakan antisipasi sejak dini harus dilakukan. Diantaranya penyebaran luasan informasi akan bahaya dan larangan narkoba melalui berbagai platform media. Selain itu juga kerja sama dengan lembaga pendidikan, keagaaman, non pemerintah, organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan.

“Serta melakukan koordinasi dan komunikasi kebijakan bersama instansi tertikal. Semuanya harus bahu-membahu,” kata Yenni, Selasa (1/11/2022).

Wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) – Paser ini menuturkan, selain bentuk partisipasi dalam pencegahan penyalahgunaan obat-obatan terlarang yakni dengan meningkatkan pemahamam dan kesadaran mengenai dampak pemakaian barang haram tersebut.

“Mari berpartisipasi dalam P4GN. Jangan takut melaporkan ke instansi terkait jika mengetahui penyalahgunaan narkotika ataupun sejenisnya,” seru Politisi PKB itu.

Perihal rehabilitasi tak lupa disampaikan Yenni yang mana pemeritah daerah memfasilitasi penanganan terhadap pecandu, baik rehabilitasi medis, rehabilitasi reintegrasi dan sosial. Sosialisasi diungkapkan Yenni amatlah penting dilaksanakan. Sehingga masyarakat sadar hukum terhadap penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

“Adanya sosialisasi yang diberikan dengan harapan masyarakat dapat mengetahui bagaimana menghadapi atau membantu pencandu untuk sembuh total, termasuk bagaimana peranan kita dalam mencegah penyalahgunaan narkotika,” tandas Yenni. (ir)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI