Kawasan SMK N 3 Tanah Grogot Ditutup Pemilik Lahan

Selasa,29 November 2022 01:29WIB

Pemortalan di kawasan SMK N 3 Tanah Grogot (Foto: Ng/SIMPUL.MEDIA)
Pemortalan di kawasan SMK N 3 Tanah Grogot (Foto: Ng/SIMPUL.MEDIA)

SIMPUL.MEDIA, Paser – Kawasan Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) Negeri 3 Tanah Grogot, Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot terpaksa menerapkan kembali konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) meski kondisi pandemi Covid-19 melandai fluktuatif.

Penerapan pembelajaran berbasis dalam jaringan ini terbilang dipaksakan. Bukan karena penyebaran terkonfirmasi positif, namun akibat pintu masuk sekolah dibawah naungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim ini, ditutup oleh pemilik lahan Sabtu (26/11/2022).

Saat dikonfirmasi, Kepala SMK Negeri 3 Tanah Grogot, Pamuji menyatakan, penerapan ini dilaksanakan sejak Senin (28/11/2022) pukul 10.00 WITA berdasarkan hasil putusan bersama dengan jajaran guru.

“Ini semua online. Termasuk guru-guru,” ucap dia.

Selain proses pembelajaran, pelaksanaan ujian akhir semester yang akan dilaksanakan sejak 5-13 Desember 2022 mendatang juga dilangsungkan secara online. Setelahnya libur sekolah dan di awal Januari 2023 barulah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Setelah adanya pemortalan oleh ahli waris, disebutkan dia, sebanyak 900 siswa akan dipindahkan sementara pembelajaran tatap Muka di SMK Daya Taka, Sekolah Luar Biasa (SLB), Eks Kantor Inspektorat, dan UPTD Badan Latihan Kerja (BLK).

Ia mengungkapkan pemasangan pagar di jalan masuk sekolah sudah berlangsung sejak Sabtu (26/11/2022) pagi hari. Pasalnya pada sore hari saat ia ke sekolah beberapa titik sudah terpasang pagar terbuat dari gelam dan spanduk ahli waris.

“Saya dapat kabar dari satpam dan langsung ngecek ke lokasi,” urai dia.

Ia menyebut yang melakukan pemagaran ialah Pemilik lahan yakni H Yayang. Kata dia, pemilik tanah meminta ganti rugi pembayaran dari Pemerintah Kabupaten Paser.

Dia mengungkapkan kebijakan tidak adanya pembelajaran tatap muka ini telah di konsultasikan kepada kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim dan Pemerintah Daerah.

Dari pantauan dalam spanduk tanah milik H Yayang Sertifikat: No 546 Tahun 1981, Lua Tanah : 9.400 meter persegi, PBB Lunas. Kesepakatan Serah terima SMK 3 dengan Pemda Kabupaten Paser Tanggal 30 November 2021.

“H. Yayang memagar tanah hak miliknya No 546 Tahun 1981 Di SMK 3 Karena Pemda Kabupaten Paser Pemda Kabupaten Paser belum bayar kepada H. Yayang, uangnya sudah ada untuk dibayarkan,” tulis H Yayang dalam spanduk itu. (ng)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI