Keseruan MPLS Hari Kedua di SD Negeri 031 Tanah Grogot

Selasa,12 Juli 2022 09:57WIB

MPLS_1

SIMPUL.MEDIA, Paser – Orangtua murid tampak antusias mengantar putra-putrinya pada hari kedua Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SD Negeri 031 Kecamatan Tanah Grogot.

Dari pintu gerbang sekolah sebagian guru hingga kepala sekolah telah menantikan para peserta didik baru. Ceria dan rada malu gambaran suasana pada hari kedua MPLS. Meski sebagian wajah siswa itu tertutupi masker.

Setibanya di pintu gerbang sekolah, para murid langsung memberikan salam sembari menundukkan kepala kepada guru yang telah menantinya. Mulai assalamualaikum wr wb hingga selamat pagi terucap dari mulut murid baru itu.

Usai memberi salam, ada yang berjalan hingga berlari menuju ruang kelas. Ya, mereka buru-buru karena waktu menunjukkan pukul 07.10 Wita, sementara dimulainya pembelajaran pukul 07.15 Wita.

Karena terburu-buru sampai ada yang lupa melepas sepatu. Murid baru di SDN 031 memang diarahkan untuk tak memakai sepatu dalam kelas, dan menyimpannya di rak yang telah disediakan. Tepat sisi kiri pintu kelas.

“Ini masih MPLS selama tiga hari atau sampai Rabu besok,” kata Kepala SD Negeri 031, Manihafid, Selasa (12/7/2022).

Di dalam kelas para murid lebih dulu diabsen satu per satu oleh wali kelas. Berlanjut baris-berbasis hingga pemeriksaan kuku di luar kelas. Di sudut lain, orangtua atau wali murid berdiri di dekat pintu atau memerhatikan anaknya dari kejauhan, setidaknya 5 sampai 7 meter dari kelas.

Adapula orangtua sibuk mengabadikan momen anaknya pertama kali masuk sekolah dengan gawai. Ada yang memoto hingga video, setidaknya berdurasi 15 detik untuk insta story Instagram. “Enggak kerasa ya sudah masuk SD, perasaan baru kemarin anak saya lahir,” ucap salah seorang orangtua murid saat berdiskusi sesama orangtua.

Sementara untuk pembelajaran tahun ajaran 2022/2023 masih diberlakukan pembatasan, meski kasus Covid-19 telah melandai. Adapun pembatasan yang dilakukan terkait waktu belajar mengajar di sekolah, maksimal 6 jam sehari.

“Kalau siswa masuk semua, sebelumnya sempat dibagi 50 persen. Enggak dibatasi lagi. Sedangkan untuk waktu belajar sebelumnya 35 menit kini dibatasi jadi 25 menit saja per mata pelajaran,” jelas Manirafid.

Pada tahun ajaran ini Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SDN 031 Kecamatan Tanah Grogot sebanyak 117 murid. Terbagi 4 rombongan belajar (Rombol) atau ruang kelas. Terdiri dari jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan orang tua.

“Untuk afirmasi 15 persen, perpindahan orang tua 5 persen dan sisanya (80 persen) zonasi,” pungkasnya. (ir)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI