Landfill di TPA Sampah Paser Belum Termanfaatkan

Kamis,12 Mei 2022 08:13WIB

TPA Sampah Paser

SIMPUL.MEDIA, Paser – Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah yang berlokasi di Desa Janju, Kecamatan Tanah Grogot akan segera menggunakan bangunan terbaru, yakni landfill. Bantuan ini dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pengolahan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser, Achmad Safari, mengatakan saat ini sudah ada bangunan yang dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman berupa bangunan dengan teknologi terbaru.

“Kami ada dibangunkan oleh kementrian, berupa bangunan dengan teknologi (sanitary landfill) terbaik dan terbaru,” Kata Safari, Kamis (12/5/2022).

Namun saat ini katanya, bangunan belum dapat dimanfaatkan masih dalam tahap pemeliharaan. Sementara juga belum ada serah terima dari Pemkab Paser, mengingat dana yang digunakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN).

“Kami masih menunggu serah terima ke Pemkab Paser, ketika sudah diserahterimakan, tumpukan sampah itu akan bergeser ke sana (area landfill),” tuturnya.

Dikatakannya, bangunan cukup baik sudah dapat digunakan efeknya, sehingga efesien dalam pengolahan sampah. Dirinya menyebut areanya itu cukup luas, dilengkapi dengan alat kendap air, sehingga air tidak merembes turun ketanah.

“jadi dengan alat itu nantinya kondisi akan lebih baik dari yang sekarang,” tandasnya.

Disinggung terkait biogas seperti di Penajam Paser Utara, Achmad Safari menyikapi untuk hal serupa di Kabupaten Paser, memerlukan beberapa komponen-komponen pendukung. Kendati begitu, ia akan memaksimalkan teknologi itu dan akan dikembangkan di wilayah selatan Kaltim ini.

“Terkait biogas perlu ada komponen pendukung, namun bila memungkinkan, kami akan segera memaksimalkan potensi tersebut untuk diolah menjadi biogas,” pungkasnya. (ul)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI