Pasar Induk Penyembolum Senaken Kembali Dibangun 300 Kios

Selasa,22 Maret 2022 05:02WIB

haerul saleh

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pemerintah Kabupaten Paser memastikan, akan menambah kios baru di Pasar Induk Penyembolum Senaken. Penambahan kios itu akan dilaksanakan pada tahun 2022. Jumlahnya mencapai 300 kios, yang nantinya dibangun di lokasi penampungan saat ini.

Kepala Dinas perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) UKM Kabupaten Paser, Haerul Saleh menyatakan, penambahan kios itu guna melakukan pengembangan dan penataan di lokasi pasar, juga penertiban pedagang khususnya yang berjualan diatas trotoar.

“Pasar Senaken tahun ini akan dibangun lagi. Nanti pedagang yang di trotoar kita sediakan tempatnya. Jadi tidak lagi mengganggu pemandangan pasar kalau dari depan,” kata Haerul, Senin (21/3/2022).

Haerul menambahkan, anggaran yang digelontorkan hingga Rp 8 Miliar, anggaran tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Paser Tahun Anggaran 2022. Kendati begitu, meski telah memasuki akhir caturwulan petama di tahun 2022, hingga belum ada kepastian pelaksanaan pembangunannya.

“Tahun ini akan dilakukan, kita tinggal tunggu saja dari DPUTR Kabupaten Paser,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga tengah mengupayakan agar mendapat bantuan dari pemerintah Pusat dalam mengembangkan pusat perdagangan tradisional di Kabupaten Paser itu. Hingga pihaknya sedang menargetkan agar di tahun 2023 mendatang kucuran pembangunan diterima.

Dengan adanya penambahan kios juga nantinya, Disperindagkop UKM Kabupaten Paser akan melakukan pemutakhiran data pedagang. Pemutakhiran tersebut berdasarkaan status Hak Guna Pakai (HGP) yang dimiliki oleh masing-masing pedagang yang sudah terdata di pihaknya. (tb)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI