Pasar Senaken Berbenah, Lapak Pedagang Liar Ditertibkan

Rabu,14 Desember 2022 10:18WIB

Pasar Senaken Berbenah

SIMPUL.MEDIA, Paser – Ditengah proses pembangunan kios baru di kawasan Pasar Induk Penyembolum Senaken. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disaperindagkop UKM) Kabupaten Paser mulai melakukan penataan.

Sebagai pasar tradisional terbesar di wilayah terselatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang tepatnya berlokasi di Desa Senaken, Kecamatan Tanah Grogot. Penataan dilakukan, dengan menertibkan pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya.

Salah satunya, yang berada dipinggir jalan Yos Sudarso, jalur menuju pasar. Penertiban ini tak lain akibat kian maraknya pedagang yang berjualan hingga makan jalan. Hal yang menyebabkan kemacetan ini, perlahan dibenahi.

“Penataan dan penertiban ini untuk mengembalikan fungsi jalan dan menghilangkan kesan kumuh sehingga rapi suasananya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop UKM Kabupaten Paser, Zainal Ilmi.

Bukan terkesan tiba-tiba. Zainal menyebut upaya penertiban yang melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Paser ini, sebelumnya telah disosialisasikan bahkan hingga melayangkan surat peringatan sebanyak tiga kali.

π‘ƒπ‘Ÿπ‘œπ‘ π‘’π‘  π‘π‘’π‘›π‘’π‘Ÿπ‘‘π‘–π‘π‘Žπ‘› π‘œπ‘™π‘’β„Ž π‘π‘’π‘‘π‘’π‘”π‘Žπ‘ 

Pembongkaran sejumlah lapak atau kios liar sudah terlaksana sejak Selasa (13/12/2022) lalu. Tempat pedagang berjualan yang fianggap liar itu, juga berdasarkan sepengetahuan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar.

“Peringatan sudah kita sampaikan. Bahkan sejak September 2022 lalu. Sehingga yang kami lakukan ini merupakan tindakan atas peringatan yang sudah disampaikan,” lanjutnya.

la berharap penertiban tersebut dapat memberikan efek yang positif pada wajah pasar Induk Payembolum Senaken. Ia mengingatkan agar pedagang tidak lagi menambah bangunan lapak diluar dari lapak yang telah di bangunkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser.

“Kami harap bisa dijaga bersama kondisi pasar ini, kebersihannya, keamanannya, sehingga pasar senaken semakin nyaman untuk dikunjungi,” pungkasnya. (ng)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI