Paser Tuan Rumah Porprov Kaltim 2026, Tinggal Nantikan SK Gubernur

Wed, 23 Feb 2022 22:35:10 | author Simpul Media
Berdasarkan voting Musorprov KONI Kaltim, Kabupaten Paser berpeluang jadi tuan rumah Porprov Kaltim VIII 2026 mendatang. (Istimewa)
Berdasarkan voting Musorprov KONI Kaltim, Kabupaten Paser berpeluang jadi tuan rumah Porprov Kaltim VIII 2026 mendatang. (Istimewa)

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VIII 2026 mendatang, Kabupaten Paser bakal bertindak selaku tuan rumah. Usai menyingkirkan calon lainnya, yakni Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Penajam Paser Utara (PPU).

“Alhamdulillah terima kasih support dan doanya (masyarakat),” kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Paser, Totok Sumardiono.

Paser memperoleh 35 suara, mengungguli Kubar dengan 27 suara dan PPU 6 suara dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Kaltim di Aston Hotel Samarinda, Selasa (22/2/2022). Dikatakan Totok, sebelumnya terdapat 4 daerah yang mendaftar selain tiga nama di atas, yakni Kota Balikpapan.

Hanya saja Kota Minyak tidak lolos seleksi administrasi oleh tim penjaringan, tak memenuhi persyaratan. Pasalnya masing-masing daerah yang mengajukan diri tuan rumah harus mendapatkan dukungan dari Bupati/Walikota dan DPRD setempat.

Usai lolos seleksi administrasi, dirinya pun langsung presentasi alasan kenapa Kabupaten Paser layak menjadi tuan rumah Porprov pada ajang olahraga bergengsi yang digelar 4 tahun sekali ini di Kaltim. Totok menyebut mendapatkan dukungan 7 KONI kabupaten/Kota.

Selanjutnya tinggal menantikan surat keputusan (SK) dari Gubernur dan persetujuan menjadi tuan rumah yang diajukan KONI Kaltim. “Tinggal nunggu SK Gubernur. Dalam Musorprov KONI Kaltim sudah ditetapkan sebagai pemenang dalam voting,” sambung Totok, Rabu (23/2/2022).

Jika SK telah dikantongi, berlanjut dengan pembenahan atau penataan venue yang ada di Kabupaten Paser sebagai persiapan tuan rumah. “Venue-venue olahraga yang kurang mungkin nanti akan dibantu KONI Kaltim dan Pemprov Kaltim,” urainya.

Besar kemungkinan menjadi tuan rumah pada gelaran selanjutnya, ini jadi perdana Kabupaten Paser selaku tuan rumah. Ia bilang sebelum Musorprov telah berkomunikasi dengan Bupati dan Ketua DPRD Paser. Dimana berusaha mendukung KONI Paser dengan memenuhi persyaratan-persyaratan yang diperlukan.

“Yang jelas tiga sasaran. Yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan multiplier effect (efek berganda, Red) ekonomi kerakyatan juga berjalan,” terang Totok.

Sebagai catatan, masa kepemimpinan Totok di KONI Paser berakhir Desember 2023 mendatang. Ia berusaha mewujudkan Bumi Daya Taka menjadi tuan rumah. Selama ini dari Porprov pertama hingga Porprov ke VI di Kutai Timur 2018 lalu selalu ambil bagian. Porprov Kaltim ke VII di Berau pada November mendatang kemungkinan kembali ikut serta.

“Dengan 2026 menjadi tuan rumah, artinya ada kemajuan olahraga prestasi di Tana Paser. Makanya saya berupaya untuk mati-matian memperjuangkan untuk menjadi tuan rumah. Alhamdulillah, ini juga berkat dukungan dan doa dari masyarakat Paser,” pungkas Totok. (𝒊𝒓)

BACA JUGA

News Feed

Karhutla di Paser Kian Meluas, Hingga Oktober Mencapai 537,87 Hektare

SIMPUL.MEDIA, Tanah Grogot – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser mencatat penanganan Kebakaran Hutan…

Upaya Peningkatan Kualitas SDM Lokal di Paser, Guna Menyambut Hadirnya IKN Nusantara

SIMPUL.MEDIA, Tanah Grogot – Sumber daya manusia (SDM) sangat dibutuhkan dalam pembangunan daerah yang berkesinambungan…

Polsek Muara Samu Ungkap Kasus Pencurian di Lokasi Tambang, Kerugian Capai Rp700 juta

SIMPUL.MEDIA, Tanah Grogot – Polsek Muara Samu mengungkap kasus tindak pidana pencurian di lokasi tambang…

Kunker Forkopimda Paser ke Pemkot Mataram, Gali Informasi Penanganan Masalah Sosial

SIMPUL.MEDIA, Mataram – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Paser dipimpin, melaksanakan kunjungan kerja ke Kota…

Milad Kohati ke 57, Ketkoh Paser Maknai Kaderisasi Cetak Insan Berkualitas

SIMPUL.MEDIA, Tanah Grogot – Ketua Korps HMI Wati (Kohati) Cabang Paser, Misliyah memaknai lembaga Kohati…

Gerbang Perbatasan Kaltim-Kalsel Diperbaharui

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim merenovasi gerbang perbatasan wilayah Kaltim – Kalsel, terletak…

Paser Dicanangkan Sebagai Tuan Rumah Porprov ke VIII Kaltim

SIMPUL.MEDIA, Tanah Grogot – Kabupaten Paser secara resmi dicanangkan sebagai tuan rumah pada Pekan Olahraga…

Simulasi Pengamanan Pemilu di Paser, Ratusan Personil Gabungan Dikerahkan

SIMPUL.MEDIA, Tanah Grogot – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, sebanyak 406 personil gabungan dikerahkan…

Paser Dapat Hibah 655 PJUTS dari Kementerian ESDM

SIMPUL.MEDIA,Yogyakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menerima sebanyak 655 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS)…

Langkah Pemkab Paser Atasi Kawasan Kumuh, Guna Sambut IKN dan Pertahankan Adipura

SIMPUL.MEDIA, Bandung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser tengah mempersiapkan langkah-langkah mengantisipasi dampak pembangunan Ibu Kota…

error: Content is protected !!