Pemekaran DOB Paser Selatan, Pemkab Paser Kembali Lakukan Kajian

Jumat,25 Maret 2022 07:36WIB

PaserSelatan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Paser terus digaungkan. Teranyar melakukan audiensi dengan Pemkab Paser pada Jumat (25/3/2022). Hasil akhir dari pertemuan yang dilakukan di Kantor Bupati Paser, mendorong Pemkab dan Pemprov Kaltim untuk segera dilakukan percepatan DOB.

“Ini dalam rangka momen daripada Proglenas (Program Legislasi Nasional) di DPR RI. Ya kita lihat nanti bagaimana (hasilnya) hingga akhir Maret atau pada 5 April nanti,” kata Sekretaris calon DOB Paser Selatan, Arbain Noor.

Mengenai progres secara nasional, dikatakan Arbain dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan sudah lengkap. Kemudian secara nasional, saat ini tengah menunggu pengesahan 2 peraturan pemerintah (PP) yang menjadi turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah.

“Yakni PP Desartada (Desain Besar Penataan Daerah) dan Detada (Desain Penataan Daerah). Tapi untuk Paser Selatan sudah masuk di Proglenas. Tinggal bagaimana peran Pemkab dan Pemprov dalam mendorong DOB untuk segera dilakukan percepatan,” terangnya.

Di tempat yang sama Sekretaris Daerah (Setda) Paser, Katsul Wijaya, mengatakan, dari pertemuan yang dilakukan ini bakal kembali dibahas dengan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Paser.

Disinggung mengenai dukungan pemerintah akan calon DOB Paser Selatan, apalagi dari 5 kecamatan yang masuk DOB Paser Selatan, yakni Kecamatan Batu Sopang. Cukup membantu PAD Kabupaten dari sektor pertambangan, diketahui Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sekira 73 persen tergantung sektor pertambangan.

“Terkait dukungan pemerintah dalam hal ini Kepala Daerah dengan DPRD tentu ada hal khusus yang dibicarakan. Tidak terlepas dari hasil kajian. Bagaimana penerimaan nanti di (kabupaten) induk tetap bisa berjalan, bagaimana daerah pemekaran agar bisa berkembang. Termasuk bagaimana dukungan perekonomian, kesehatan dan lainnya, itu dikaji kembali dengan kondisi saat ini,” jelas Katsul.

Diinformasikan daerah calon DOB Paser Selatan. Yakni, Kecamatan Batu Sopang, Muara Komam, Muara Samu, Batu Engau dan Tanjung Harapan. Luas wilayah 5.941 kilometer atau 51,2 persen dari luas Kabupaten Paser yang mencapai 11.603 kilometer. (ir)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI