Salah satu sisi tikungan sirkuit road race Bupati Paser Cup 2023
Salah satu sisi tikungan sirkuit road race Bupati Paser Cup 2023

SIMPUL.MEDIA, Paser – Penyelenggara road race Bupati Paser Cup memberikan penjelasan atas kondisi kelayakan sirkuit non permanen yang dipersiapkan di ajang open road race skala nasional.

Ketua Panitia road racing Bupati Paser Cup 2023, Zulkifli Kaharudin, mengatakan bahwa jauh hari sebelum hari H, pihak penyelenggara sudah mempersiapkan segala kebutuhan, utamanya sirkuit non permanen yang digunakan di area stadion Sadurengas Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser.

Ia menjelaskan standar kelayakan sirkuit bisa dikatakan tidak layak apabila terjadi banyak insiden kecelakaan, namun dalam babak penyisihan yang berlangsung sejak pagi, Sabtu 9 Desember kemarin hanya mengalami satu kali insiden kecelakan.

“Ada satu kali insiden kecelakan, itu karena rem blong bukan karena dampak sirkuit,” kata Zulkifli saat memberikan keterangan kepada awak media, Sabtu (9/12/2023) malam.

Sirkuit non permanen itu, dikatakannya, sudah dilakukan persiapan yang cukup matang perihal pengamanan sirkuit untuk pebalap, sejumlah sisi tikungan diberi tumpukan karung dan ban serta dilakukan penambalan aspal dibeberapa titik, termasuk untuk keamanan penonton diberi pagar pembatas dari kayu dan besi.

Meski demikian, yang menjadi persoalan adanya insiden pada saat start road race jadwal babak penyisihan kelas motor bebek standar lokal 2 tak sekira pukul 16.00 sore kemarin, cuaca hujan disertai angin kencang menyebabkan gate start-finish ambruk ditengah kuda besi itu melaju dan menimpa dua pebalap deretan posisi akhir. Satu diantara pebalap yang tertimpa itu meninggal dunia.

Hal ini membuat heboh disebagian kalangan warga Kabupaten Paser, yang menyebut seharusnya pertandingan road race harus dihentikan dahulu karena cuaca buruk.

Zulkifli berpendapat pada saat road race dilangsungkan, hujan mulai turun pada saat pebalap sudah mulai bersiap di garis start, insiden ambruknya gate start-finsih seketika terjadi karena di terpa angin kencang.

“Dalam balapan dengan kondisi hujan itu terbilang normal, kecuali badai. Kondisinya pada saat race memang saat itu hujan masih rintik-rintik (gerimis) disertai angin,” terangnya.

Insiden terjadi tepat pada saat star awal warming lap (putaran pemanasan). Race dimulai dengan maksud mencoba lintasan, ia katakan apabila situasinya saat itu tidak layak race tidak akan dilanjutkan.

“Maksudnya pimpinan lomba dari Kaltim saat itu warming lap dulu, apabila ada pebalab yang mengatakan tidak layak maka race di setop,” jelasnya.

Mengenai gate start-finish, menurutnya sudah sesuai standar, hanya saja tidak dirikan permanen dengan fondasi yang di cor menggunakan semen.

“Kalau menggunakan gapura balon berbahan pelastik malah lebih berbahaya, karena lebih mudah tertiup angin,” tandasnya.

Sekedar informasi, akibat insiden ini, berdasarkan surat pemberitahuan panitia road race Bupati Paser Cup 2023 nomor 23/ZKBPC/XII/2023. Final race pada 10 Desember tidak dilanjutkan atau ditiadakan.

(MS03)

BACA JUGA

News Feed

MPC PP Paser Kawal Proses Rekapitulasi Suara Pemilu Diseluruh Kecamatan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Paser turut serta mengawal…

Berkah Pemilu 2024, Kursi PKB di DPRD Paser Melejit Signifikan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Perolehan kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pemilu 2024 melejit siginifikan. Untuk diketahui,…

2 Hari Pencarian, Seorang Pria Terjatuh Dari Jembatan Sungai Kandilo Ditemukan Tak Bernyawa

SIMPUL.MEDIA, Paser – Setelah 2 hari pencarian Hairuddin Asfriansyah (23) yang diduga terjatuh di Jembatan…

Pria di Paser Dikabarkan Terjatuh Dari Jembatan Sungai Kandilo, Tujuh Jam Pencarian Belum Ditemukan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Seorang warga asal Kelurahan Tanah Grogot, Kecamatan Tanah Grogot, Hairudin Afriansyah (23)…

Rutan Tanah Grogot Maksimalkan Pengamanan WBP Jelang Pemilu 2024

SIMPUL.MEDIA, Paser – Guna kelancaran proses pemilihan umum (Pemilu) 2024, Rumah tahanan (rutan) Tanah Grogot…

Polres Paser Kerahkan 374 Personel Pengamanan Pemilu 2024

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pada apel pergeseran pasukan Polres Paser, sebanyak 374 personel bakal dikerahkan dalam…

DPC PUTRI Paser Siap Bantu Kembangkan Wisata di Bumi Daya Taka

SIMPUL.MEDIA, Paser – DPC Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kabupaten Paser terbentuk untuk periode…

Dampak IKN, Wisatawan di Kaltim capai 8,3 Juta Pengunjung

SIMPUL.MEDIA, Paser – Seiring hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser…

Polres Paser Ringkus Dalang Bisnis Gelap Sabu di Kecamatan Tanah Grogot

SIMPUL.MEDIA, Paser – Polres Paser kembali mengungkap kasus peredaran narkotika jenis sabu-sabu yang di dalangi…

error: Content is protected !!