Popda Kaltim XVI 2022 Resmi Dibuka

Sabtu,22 Oktober 2022 11:50WIB

Penekanan Tombol Sirine Tanda Dibukanya Popda XVI Kaltim 2022
Penekanan Tombol Sirine Tanda Dibukanya Popda XVI Kaltim 2022

SIMPUL.MEDIA, Paser – Popda XVI Kaltim di Paser resmi dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Kaltim, HM Syirajudin. Berlangsung di Lapangan Gentung Temiang, Kecamatan Tanah Grogot, Sabtu (22/10/2022).

Dalam pemaparannya Syirajudin mengatakan, peran Popda begitu penting dalam mencetak prestasi olahraga pelajar serta memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan olahraga di Kaltim ditandai dengan digelarnya Popda yang menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga ditingkat pelajar.

“Untuk itu kepada Pemerintah Provinsi Kaltim beserta Pemerintah Kabupaten/kota se-Kaltim agar bisa berkomitmen dan memberikan dukungan kepada cabang olahraga,” kata Syirajudin.

Dalam ajang perlombaan olahraga tingkat pelajar ini, menurutnya juga menjadi kesempatan untuk menjaring atlet-atlet berprestasi untuk bisa berlaga dijenjang yang lebih tinggi.

𝐴𝑑𝑙𝑒𝑑 π‘‘π‘Žπ‘Ÿπ‘– π‘€π‘Žπ‘ π‘–π‘›π‘”-π‘€π‘Žπ‘ π‘–π‘›π‘” π‘˜π‘œπ‘›π‘‘π‘–π‘›π‘”π‘’π‘› π‘Œπ‘Žπ‘›π‘” π΄π‘˜π‘Žπ‘› π΅π‘’π‘Ÿπ‘™π‘Žπ‘”π‘Ž 𝑑𝑖 π‘ƒπ‘œπ‘π‘‘π‘Ž 𝐾𝑒-𝑋𝑉𝐼 πΎπ‘Žπ‘™π‘‘π‘–π‘š

“Dengan adanya pelaksanaan Popda ini, maka sebenarnya juga bisa digunakan untuk wadah seleksi, guna mencapai strategi bagi atlet pelajar di Provinsi Kaltim untuk dipersembahkan bagi kepentingan olahraga nasional,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Bupati Paser, Fahmi Fadli, ia berharap dalam kompetisi perebutan medali diajang pertandingan olahraga antar pelajar, agar para atlet tetap menjunjung tinggi sportifitas.

“Untuk atlet, saya minta dapat bertanding penuh semangat dan sportifitas yang tinggi, untuk meraih prestasi terbaik,” ucap Fahmi.

Ia juga menyampaikan kepada para wasit agar berlaku adil dan jujur pada saat memimpin jalannya pertandingan.

“Kepada para wasit, saya harapkan dapat bersikap adil, jujur dan tegas dalam melakukan tugasnya agar pelaksanaan Popda berjalan dengan fair dan lancar,” harapnya.

Sekedar informasi, laga antar pelajar yang dilaksakan telah mempertandingkan beberapa cabang olahraga (Cabor) sejak awal Oktober lalu dan telah secara resmi dibuka.

Perlombaan berlangsung hingga 28 Oktober, diikuti 9 kabupaten/kota di Kalimantan Timur, diantaranya, Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, Bontang, Penajam Paser Utara, dan Paser selaku tuan rumah.

Keseluruhan atlet terdapat 1866 atlet, dengan 20 Cabor yang dipertandingkan, yakni, atletik, bola voli, bola voli pasir, bulu tangkis, dayung, gulat, judo, karate, kempo, panahan, pencak silat, renang, sepak bola, sepak takraw, taekwondo, tenis meja, tinju, senam, basket, menembak, dan catur. (ul)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI