Sosbang di Desa Suweto Paser, Yenni Pesan Tak Mudah Terprovokasi

Rabu,21 Desember 2022 08:28WIB

Suweto

SIMPUL.MEDIA, Paser – Semua pihak dapat berperan dalam menyebarluaskan atau memberikan edukasi kembali kepada masyarakat, khususnya wawasan kebangsaan. Hal itu guna semakin menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Seperti sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) yang gencar dilaksanakan Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Yenni Eviliana. Kini dia menyosialisasikan di Desa Suweto, Kecamatan Muara Samu, Jumat (16/12/2022).

Yenni mengatakan wawasan kebangsaan perlu dijelaskan pada masyarakat luas. Sama halnya ideologi Pancasila sangat penting untuk terus digaungkan. Hal ini guna menghindari masuknya paham radikal.

“Semoga masyarakat bisa mengetahui dan memahami empat konsensus kebangsaan yang disampaikan. Serta dengan ini tak memudarkan rasa cinta tanah air,” kata Yenni Eviliana.

Terdapat 4 konsensus yang disampaikan di depan puluhan konstituen. Selain Pancasila juga ada UUD 1945, NKRI hingga pemaparan perihal Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 institusi negara, NKRI bentuk negara, kemudian Bhinneka Tunggal Ika semboyan negara,” tutur wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Paser – Penajam Paser Utara (PPU) itu.

Terlihat warga sangat menyimak penjelasan yang disampaikan Yenni Eviliana. Salah satu dari konsensus yang ditekankane mengenai Bhinneka Tunggal Ika. Ia meminta dan berharap masyarakat tak mudah dipecah bela dengan perbedaan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

“Ini bahaya jika persoalan dikaitkan pada SARA. Kami berpesan untuk tak mudah dan tegasnya jangan mau terprovokasi yang dapat memecah belah antarwarga atau antargolongan,” tandas Yenni. (ir)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI