Terkendala Legalitas Lahan, Terminal Tipe A di Paser Tertunda

Kamis,10 Maret 2022 03:08WIB

perhubungan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pembangunan terminal tipe A di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser yang seharusnya terealisasi di tahun 2022 dipastikan tertunda hingga 2023 mendatang. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab Paser) masih terkendala pada legalitas lahan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Paser, Inayatullah menyatakan, penundaan pembangunan terminal disebabkan kelengkapan dokumen, sehingga masih dalam proses kelengkapan persyaratan.

“Pembangunan terminal yang direncanakan tahun ini, ditunda karena Pemerintah Daerah Kabupaten Paser masih melengkapi dokumen legalitas lahan,” kata Inayatullah, Kamis (10/03/2022).

Rencananya, terminal yang saat ini di kilometer 7 Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot akan dipindah ke kilometer 8. Sehingga tak ada lagi terminal di lokasi yang ada saat ini. Namun begitu, legalitas di kilometer 8 masih berproses.

Adapun lokasi yang tengah disediakan merupakan lahan milik Pemkab Paser. Kendati begitu, BKAD Kabupatrn Paser masih memproses bukti legalitas lahan berupa sertifikat tanah, sebelum dilakukan pembangunan terminal.

“Informasi dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), saat ini sedang proses sertifikasi tanah di kantor Badan Pertanahan,” jelas Inayatullah.

Sementara itu, Kabid Aset BKAD Paser Suhandoyo menjelaskan, Pemkab Paser sudah menyiapkan lahan di kilometer 8 seluas 1 hektare yang nantinya jadi lokasi terminal yang dimaksud. Adapun proaes penyiapan lahan masih diranah BPN/ATR Paser.

“Saat ini sedang proses sertifikasinya di BPN, Pemda sudah menyiapkan 1 hektar lahan dan lokasinya itu tidak jauh dari lokasi pembangunan rumah ada di kilometer 8,” tutupnya. (𝐭𝐛)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI