Tukang Cukur Asal Paser Bertemu Presiden

Sabtu,16 Juli 2022 06:52WIB

Prakerja

Passion, inilah alasan Ajin menasbihkan diri sebagai barber. Membuat orang lain terlihat lebih menarik lagi baginya memberikan kepuasan. Dari sinilah ia bisa melihat Presiden Indonesia Joko Widodo secara langsung.

===SAHRUL//SIMPUL.MEDIA====

JEMARINYA sangat lihai memisahkan rambut pelanggan helai demi helai. Sejurus matanya menyorot tajam. Memperhatikan setiap sudut bagaian kepala pelanggannya. Bagian depan, samping dan belakang.

Sambil menyemprotkan cairan agar rambut pelanggan basah, ini memudahkan rambut disisir diberbagai sisi. Ia juga melakukan diskusi ringan dengan pelanggan. Suara kecil, seperti bisik-bisik. Hanya pelanggannya yang bisa mendengar suaranya.

Pembicaraan tak jauh-jauh dari rambut. Bicara model rambut kekinian. Obrolan ringan itu menjadi salah satu cara menjalin chemistry dengan pelanggan.

Setttt-setttt , suara clipper merapikan rambut bagian samping dan belakang. Selang kemudian sat set sat terdengar, menandakan alat ditangannya telah berganti. Ya, itu suara gunting memotong rambut bagian ujung.

Rambut adalah mahkota, saat hasil kurang maksimal tentu berdampak pada suasana hati pelanggan. Memotong rambut sebuah karya seni.Β Ajin terlihat sangat teliti, bagaimana hasil potongan terlihat pas dari berbagai sisi, sesuai model yang diinginkan pelanggan.

Di Barbershopnya Jalan Jenderal Ahmad Yani Kecamatan Tanah Grogot. Pelanggannya silih berganti berdatangan. Meski ruangannya tak terlalu luas. Namun sangat membuat nyaman.

Siapa yang menyangka dari pekerjaan yang ia geluti membawanya bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo. Ajin terpilih dari 521 peserta temu raya alumni prakerja Juni lalu. Mewakili Kabupaten Paser.

𝐴𝑗𝑖𝑛 π΅π‘Žπ‘Ÿπ‘π‘’π‘Ÿπ‘ β„Žπ‘œπ‘, π‘‘π‘’π‘Ÿπ‘π‘–π‘™π‘–β„Ž π‘‘π‘Žπ‘Ÿπ‘– 521 π‘π‘’π‘ π‘’π‘Ÿπ‘‘π‘Ž π‘‘π‘’π‘šπ‘’ π‘Ÿπ‘Žπ‘¦π‘Ž π‘Žπ‘™π‘’π‘šπ‘›π‘– π‘π‘Ÿπ‘Žπ‘˜π‘’π‘Ÿπ‘—π‘Ž 𝐽𝑒𝑛𝑖 π‘™π‘Žπ‘™π‘’. π‘€π‘’π‘€π‘Žπ‘˜π‘–π‘™π‘– πΎπ‘Žπ‘π‘’π‘π‘Žπ‘‘π‘’π‘› π‘ƒπ‘Žπ‘ π‘’π‘Ÿ.

Ajin terpilih yakni dari Kota Samarinda, Berau, Tarakan, Kutai Barat, Kutai Timur, dan Paser. Agenda temu raya tersebut dilaksanakan di Kota Bogor, Jawa barat pada 12 Juni 2022 lalu.

Ia terpilih karena sebagai alumni prakerja, dan juga masuk dalam kategori yang terpilih karena telah memenangkan perlombaan konten vlog yang diadakan panitia program prakerja.

Mendaftar prakerja setelah mengetahui adanya program tersebut pada 2020 lalu. Ia mengikuti pendaftaran saat gelombang pertama dibuka, alhasil dirinya belum dinyatakan lulus, sehingga ia terus mengikuti penerimaan pada gelombang selanjutnya. Hingga berhasil lulus pada penerimaan gelombang yang ketiga.

“Saya terus mengikuti pendaftaran prakerja mulai gelombang pertama, namun saya bisa lulus saat digelombang ketiga,” tutur anak muda kelahiran tahun 1992 itu.

Setelah dinyatakan lulus, terdapat biaya pelatihan yang diberikan untuk bisa mengikuti pelatihan class room online selama 1 bulan, dan bisa mengikuti pelatihan sesuai dengan bidang yang diinginkan.

“Saya mengikuti kelas personal branding, dan saya mengambil pelatihan prakerja sesuai dengan apa yang betul-betul saya butuhkan,” jelasnya.

Sementara, terkait konten vlog yang ia buat, berasal dari inisiatif yang ia munculkan, membuat vlog dengan konten pangkas rambut, hal itu selaras dengan keseharian yang ia geluti sebagai tukang pangkas rambut. Hingga terpilih bisa bertemu dengan Joko Widodo.

“Saya nggak pernah kepikiran bertemu Presiden. Alhamdulilah diberikan kesempatan berkat prakerja,” ungkap Ajin.

Berbicara pengalamannya bisa terjun dalam usaha pangkas rambut, berawal dari dirinya yang mulai ahli dalam teknik pangkas rambut, dengan belajar secara otodidak, melihat dan memahami secara langsung melalui rekan dekatnya, serta belajar dengan melihat konten-konten pangkas rambut yang ada di youtube.

“Awalnya saya hanya melihat kawan saya yang pandai pangkas rambut, kemudian saya pelajari, dan juga melihat konten-konten pangkas rambut yang ada di youtube,” pungkasnya.

Berbekal dari keahlian yang ia miliki, tak lain juga dari penahaman apa yang selama ini dia pelajari, bermodal ruangan dengan luas 4×4 meter didesain sedemikian rupa, ia membuka usaha pangkas rambut yang kini telah berjalan 5 tahun sejak tahun 2017. (*)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI