Umat Hindu di Paser Segera Miliki Tempat Ibadah Yang Layak

Rabu,13 Juli 2022 08:20WIB

Proses peletakan batu pertama (Foto: Ng/Simpul.Media)
Proses peletakan batu pertama (Foto: Ng/Simpul.Media)

SIMPUL.MEDIA, Paser – Penantian lama berdirinya rumah ibadah yang nyaman bagi umat hindu di Kabupaten Paser sejak 1976 perlahan mulai mendapat titik terang. Setelah sengkarut permasalahan yang dihadapi, akhirnya peletakan batu pertama secara resmi terlaksana Pada Rabu (13/7/2022).

Pura Pertiwi Agung Kaharingan menjadi nama yang disepakati. Lokasinya berada di Jalan Andi Zein Assegaf, RT 07, Desa Jone, Kecamatan Tanah Grogot, seluas 100×50 meter persegi lahan pinjam pakai dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Paser, I Dewa Gede Oka menjelaskan, pembangunan rumah ibadah itu dibagi menjadi beberapa tahap. Sehingga untuk pertama pihaknya membangun tiga pilar kokoh.

“Untuk membangun semua pura beserta candi memang butuh dana besar miliaran. Apalagi banyak material yang dikirim dari Bali dan juga seni ornamen lainnya,” kata Dewa

Adapun untuk tahap pertama, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 300 juta, sementara yang baru terkumpul dari hasil swadaya dan talangan sebanyak Rp 250 juta. Terlaksananya pembangunan pura tersebut merupakan tekad lama yang didambakan umat hindu.

Meski masih banyak kendala, Dewa berterima kasih kepada Pemkab Paser yang telah mendukung keberadaan Pura ini. Pasalnya, dukungan Pemkab Paser secara bertahap terhadap pembangunan juga diberikan.

“Setiap tahun secara bertahap kami juga didukung oleh pemerintah untuk membangun pura”, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Pura Pertiwi Agung Kaharingan, Yadianto menjelaskan pembangunan akan segera dimulai dan memohon dukungan semua pihak agar kelancaran tanpa kendala sesuai yang diharapkan.

“Semoga harapan yang selama ini dinantikan umat hindu dapat terwujud dan terhindar dari segala hambatan, terimakasih kepada semua pihak yang berkontribusi terhadap pembangunan pura ini,” tandasnya. (ng)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI