Upaya Pemkab Paser Perluas Jaringan Internet hingga Pelosok Desa

Kamis,3 November 2022 08:12WIB

Sekda Kabupaten Paser, Katsul Wijaya. (ist)
Sekda Kabupaten Paser, Katsul Wijaya. (ist)

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pemkab Paser tengah berupaya melakukan perluasan jaringan layanan internet di seluruh wilayah hingga pelosok desa, guna tersedianya suatu kebutuhan masyarakat dalam pemanfaatan teknologi.

Sebagai bentuk implementasi, Pemkab Paser melakukan kerja sama dengan penyedia jaringan terbesar di Indonesia yakni PT Telkom.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya, mengatakan upaya terus dilakukan, dikarenakan sebagai daerah yang masuk dalam master plan kawasan smart city penunjang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Paser mencoba dengan segenap upaya mengejar pembangunan, guna kesiapan sebelum IKN diresmikan,” kata Katsul dalam pemaparannya di ruang rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser, Kamis (3/11/2022).

Mengenai pengembangan kawasan smart city, telah dilakukan sejak Oktober 2020 lalu, dimulai dengan assessment yang kemudian ditindaklanjuti dibuatnya Memorandum of Understanding (MoU) Pemkab Paser dengan Dirjen Aptika Kemenkominfo Mei 2021 dan dilanjutkan bimtek penyusunan master plan smart city yang dilaksanakan secara bertahap dari September hingga November.

“Semua itu merupakan bukti keseriusan kami, termasuk dilaksanakannya penandatangan MoU dengan PT Telkom Balikpapan pada akhir 2021 lalu tentang Pengembangan dan Implementasi Paser smart city,” ujarnya.

Menurutnya, layanan jaringan menjadi sebuah kebutuhan dasar, apalagi untuk proses pemasaran suatu produk saat ini begitu dimudahkan dengan transaksi secara online.

Terkhusus juga bagi pelaku UMKM tentu memasarkan produk-produknya secara online sangat berpengaruh signifikan, karena semakin banyak menjangkau konsumen dimana saja dan bisa mengenal produknya sehingga berpengaruh terhadap penjualan.

“Semoga pertemuan ini (sosialisasi Pemanfaatan jaringan) menjadi benang merah terhadap upaya Pemerintah Kabupaten Paser dalam meningkatkan kemajuan pembangunan dengan memaksimalkan layanan jaringan internet hingga sampai pelosok,” pungkasnya. (ul)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI