Wujudkan Paser MAS, Desa Keladen Mulai Nikmati Air Bersih

Rabu,12 Oktober 2022 01:52WIB

Bupati Paser, Fahmi Fadli disela sela peresmian IPA Desa Kladen, Kecamatan Tanjung Harapan. (TB SIHOMBING/SIMPUL MEDIA)
Bupati Paser, Fahmi Fadli disela sela peresmian IPA Desa Kladen, Kecamatan Tanjung Harapan. (TB SIHOMBING/SIMPUL MEDIA)

SIMPUL.MEDIA, Paser – Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan standar mutu konsumsi di Desa Keladen, Kecamatan Tanjung Harapan yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, diresmikan Bupati Paser, Fahmi Fadli, Selasa (11/10/2022).

Instalasi berkapasitas 1,5 liter per detik ini, dikatakan Fahmi sebagai bagian dari mewujudkan visi misi Paser MAS (Maju, Adli, Sejahtera) yang hasil pengolahannya dapat dinikmati dan dimanfaatkan masyarakat.

Dengan hadirnya sistem yang berfungsi untuk mengolah air dari kualitaas air baku (influent) ini, diharapkan kepada masyarakat, agar fasilitas IPA dan tandon yang telah diberikan dapat dikelola dan dirawat masyarakat.

“Ini juga demi kepentingan masyarakat Desa Keladen,” kata Fahmi.

Ia menjelaskan, fasilitas ini telah dirancang dengan biaya operasional murah. Tak hanya itu, sistemnya juga memanfaatkan tenaga surya dan gravitasi bumi. Dengan diresmikannya alat ini, Pemkab Paser menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Desa Keladen untuk dikelola.

“Dengan begitu biaya operasional ini tidak akan memberatkan beban masyarakat,” Jelasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya DPUTR Kabupaten Paser, Asnawi, mengatakan pengolahan bahan baku air tidak menggunakan bahan kimia, tetapi menggunakan pasir selika dan sumber memanfaatkan air gunung yang pengoperasiannya digerakan pada siang hari

“Untuk proses filter penggerak pompa dengan tenaga surya. 50 ribu liter air bersih yang akan digunakan masyarakat,” kata Asnawi.

Camat Tanjung Harapan, Sudarsono, mengatakan fasilitas air merupakan fasilitas utama, dengan ketersediaan air, kebutuhan dapat terpenuhi. Ia berharap dengan peresmian ini menjadi semangat masyarakat Desa Keladen, sehingga bisa betah tinggal di wilayah transmigrasi ini.

Diketahui, dalam peresmian hadir Staf Ahli Bidang Kesra Setkab Paser, Arif Rahman, Kepala DPMD Kabupaten Paser, Chandra Irwanadhi, Kepala Dinsos Kabupaten Paser, Abdul Kadir, Kepala DPKPP Kabupaten Paser, Hulaimi, Kepala DLH Kabupaten Paser, Achmad Safari, Kabag Adbang Setkab Paser, Soraya, serta Pemdes Keladen. (ng)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI