Yenni Eviliana Beri Pemahaman Warga di Paser Taat Bayar Pajar

Senin,7 Maret 2022 03:42WIB

Yenni_eviliana

SIMPUL.MEDIA, Paser – Peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak terus diupayakan DPRD Provinsi Kaltim, dengan mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Seperti yang dilakukan Yenni Eviliana, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, yang melaksanakan kegiatan tersebut, di daerah pemilihan (dapil) Kabupaten PPU-Paser, salah satunya di Aula Desa Tampakan, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Minggu (06/03/2022).

Sosialisasi itu guna membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, yang tak lain guna meningkatkan pendapatan daerah untuk pembangunan daerah. Kegiatan tersebut turut dihadiri Tokoh Pemuda, Tokoh Adat hingga masyarakat juga Kepala Desa setempat.

β€œPajak-pajak ini nantinya dikelola pemerintah daerah dan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk peningkatan pembangunan sarana kesehatan, pendidikan dan fasilitas umum bagi kepentingan masyarakat,” kata Yenni sapaan akrabnya.

π‘Œπ‘’π‘›π‘›π‘– πΈπ‘£π‘–π‘™π‘–π‘Žπ‘›π‘Ž – π‘†π‘œπ‘ π‘–π‘Žπ‘™π‘–π‘ π‘Žπ‘ π‘– π‘ƒπ‘’π‘Ÿπ‘‘π‘Ž π‘ƒπ‘Žπ‘—π‘Žπ‘˜ π·π‘Žπ‘’π‘Ÿπ‘Žβ„Ž 𝑑𝑖 π΄π‘’π‘™π‘Ž π·π‘’π‘ π‘Ž π‘‡π‘Žπ‘šπ‘π‘Žπ‘˜π‘Žπ‘›, π΅π‘Žπ‘‘π‘’ πΈπ‘›π‘”π‘Žπ‘’

Anggota Fraksi PKB itu menambahkan, untuk pajak daerah diantaranya pajak kendaraan bermotor (PKB), biaya balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB), pajak air permukaan dan pajak rokok.

Sosialisasi tersebut, katanya, dilaksanakan serentak, sejak 4 hingga 6 Maret 2022. Pentingnya hal ini dilakukan, menurutnya, guna meningkatkan pendapatan Provinsi Kaltim salah satunya dari sektor pajak, namun tidak terlalu membebani masyarakat.

Apalagi ditengah pandemi Covid-19. Yenni berharap, tentunya agar semua pihak harus bahu-membahu meningkatkan kesadaran dan taat dalam membayar pajak karena menyangkut keberlangsungan pembangunan Kaltim.

β€œSalah satu sumber untuk menopang pembangunan Kaltim adalah pajak. Oleh karena itu penting bagi kita semua agar sadar dan taat untuk membayar pajak. Tak lain karena dana bagi hasil dari pusat dipangkas lantaran Covid-19,”pungkasnya.

Di kesempatan tersebut, Yenni juga mengingatkan warga, agar turut berperan serta dalam mencegah penyebaran Covid-19. Penerapan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah untuk vaksinasi ia minta untuk diterapkan.

β€œMematuhi protokol kesehatan itu sangat penting, agar pandemi Covid-19 cepat berakhir. Harus terus gunakan masker dan yang belum vaksin untuk vaksin. Dengan begitu perlahan perekonomian akan kembali pulih,” harapnya. (α΄›Κ™)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI