Zona Kuning, Paser Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19

Kamis,3 November 2022 02:52WIB

PicsArt_22-11-03_14-45-49-959

SIMPUL.MEDIA, Paser – Beberapa hari terakhir kasus Covid-19 di Kabupaten Paser mengalami peningkatan. Teranyar, pada 2 November 2022 berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim terdapat 25 kasus dan berada zona kuning.

“Sebelumnya sempat 26 kasus dan zona oranye. Kemarin (Selasa) itu ada penambahan tiga kasus dan sembuh 4 yang terkonfirmasi positif sembuh. Sekarang ini ada 25 kasus,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Penyakit (P2P) Dinkes Paser, dr Ainun Jariah, Rabu (3/11/2022).

Bagi warga terkonfirmasi positif dikatakannya ada yang menjalani isolasi mandiri di rumah hingga di RSUD Panglima Sebaya, khususnya gejala sedang maupun berat.

“Untuk tempat pelayanan kesehatan tidak ada perubahan, paling ruang rapat yang sempat dipakai dulu disiapkan lagi,” tuturnya.

Dirinya menyebut meski sempat melandai lama, namun dirinya memastikan tidak pernah terjadi 0 kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Paser sejak 12 Desember 2021 lalu.

“Jangan dikira nol kasus tidak ada terkonfirmasi positif. Jadi tak pernah terjadi kekosongan kasus, tapi enggak pernah sampai zona oranye,” tutur dia.

Dengan merebaknya kasus terkonfirmasi Covid-19 akhir-akhir ini di Kaltim, khususnya di Kabupaten Paser ia meminta semua lapisan masyarakat untuk mewaspadai lonjakan kasus dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Sementara untuk ketersediaan vaksin saat ini dikatakannya tidak ada.

“Vaksin saat ini memang kosong, tetapi pada 5 November nanti akan ada pasokan vaksin yang akan diperuntukkan untuk masyarakat guna mencapai 70 persen. Saat ini capaian vaksinasi booster baru 30 persen,” tandas dia. (ir)

BERITA TERKINI

REKOMENDASI