tambang_emas

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di 2 titik Desa Samurangau, Kecamatan Batu Sopang, dilakukan penyelidikan lanjutan oleh jajaran Satreskrim Polres Paser. Sebelumnya, sejumlah barang bukti juga telah berhasil diamankan.

Pihak Kepolisian menyatakan, pemasangan garis polisi untuk mengumpulkan bukti bukti lainnya sudah dilakukan. Tak hanya itu, pihaknya juga sudah mengantongi nama pemilik lahan, guna menelusuri pelaku dugaan kasus illegal mining yang ditindak pada Kamis (18/3/2022) lalu itu.

β€œRencana kita panggil pemilik lahan untuk meminta keterangan. Kita sudah pegang nama pemilik lahannya. Kita juga sudah pasang garis polisi untuk penyelidikan lanjutan,” kata AKBP Kade Budiyarta, Kapolres Paser di ruangannya, Jum’at (19/3/2022).

Budi menjelaskan, terungkapnya aktivitas tambang emas itu, berdasarkan laporan dari pihak PT. Kideco Jaya Agung, 3 minggu sebelum penindakan. Pelaporan disampaikan Anak perusahaan PT. Indika Energy itu, setelah mengetahui adanya aktivitas di lokasi yang masuk dalam lahan konsesi pertambangan.

π‘€π‘Žπ‘ π‘’π‘˜ πΎπ‘œπ‘›π‘ π‘’π‘ π‘– – πΏπ‘œπ‘˜π‘Žπ‘ π‘– π‘‡π‘Žπ‘šπ‘π‘Žπ‘›π‘” πΈπ‘šπ‘Žπ‘  π‘‡π‘Žπ‘›π‘π‘Ž 𝐼𝑧𝑖𝑛 𝑑𝑖 π·π‘’π‘ π‘Ž π‘†π‘Žπ‘šπ‘’π‘Ÿπ‘Žπ‘›π‘”π‘Žπ‘’ π‘¦π‘Žπ‘›π‘” π‘‘π‘–π‘‘π‘–π‘›π‘‘π‘Žπ‘˜ πΎπ‘’π‘π‘œπ‘™π‘–π‘ π‘–π‘Žπ‘›

β€œKita terima laporannya tiga minggu lalu. Jadi kita lakukan pengintaian terlebih dahulu. Memang sudah sempat ada lahan yang dibuka untuk dilakukan penambangan emas. Jadi kita tindak guna mengindari pencemaran lingkungan” katanya.

Diketahui, lokasinya tepat berada di pinggiran daerah aliran sungai kandilo. Selain itu, akses menuju lokasi hanya 200 meter dari jalur hauling. Sementara jika melewati perkebunan kelapa sawit, hanya 100 meter saja.

Pihaknya memastikan, aktivitas penambangan emas sempat terjadi. Mengingat, ada luasan lahan yang sudah digarap. Kendati begitu, saat penindakan tidak ditemukan adanya pelaku yang beraktiitas sehingga kasus tersebut masih dalam penyelidikan.

Adapun sejumlah barang bukti yang ditemukan tersebar dikedua lokasi. Diantaranya lokasi pertama yakni 5 buah jerigen kapasitas 20 liter, 1 unit kompresor, 1 unit tong air, 4 lembar terpal, 5 lembat karpet, 1 batang pipa.

Sementara di lokasi kedua ditemukan 1 unit mesin diesel jenis dongpeng, mesin penyedot serta alat penunjang lainnya. Adapun sejumlah barang bukti tersebut telah diamankan di Mapolres Paser dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Pihaknya menjamin akan dilakukan penetapan tersangka, jika nantinya ditemukan adanya pelanggaran. Hal itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral Batubara dan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan lingkungan Hidup.
“Akan kami terapkan sesuai peraturan Perundang-Undangan yang berlaku apabila terdapat pelanggaran,” tutupnya. (tb)

BACA JUGA

News Feed

Paser Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP dari Kemendagri

SIMPUL.MEDIA, Padang – Kabupaten Paser menjadi satu diantara 4 Kabupaten penerima penghargaan karya bhakti peduli…

Rakerprov KONI Kaltim, Bupati Paser Paparkan Kesiapan Porprov 2026

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2026 mendatang nantinya bakal diselenggarakan didaerah paling…

Perkiraan 7 Anggota DPRD Kaltim Dapil PPU-Paser, PKB Puncaki Klasemen Sementara

SIMPUL.MEDIA, Paser – Perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Kaltim…

MPC PP Paser Kawal Proses Rekapitulasi Suara Pemilu Diseluruh Kecamatan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Paser turut serta mengawal…

Berkah Pemilu 2024, Kursi PKB di DPRD Paser Melejit Signifikan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Perolehan kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pemilu 2024 melejit siginifikan. Untuk diketahui,…

2 Hari Pencarian, Seorang Pria Terjatuh Dari Jembatan Sungai Kandilo Ditemukan Tak Bernyawa

SIMPUL.MEDIA, Paser – Setelah 2 hari pencarian Hairuddin Asfriansyah (23) yang diduga terjatuh di Jembatan…

Pria di Paser Dikabarkan Terjatuh Dari Jembatan Sungai Kandilo, Tujuh Jam Pencarian Belum Ditemukan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Seorang warga asal Kelurahan Tanah Grogot, Kecamatan Tanah Grogot, Hairudin Afriansyah (23)…

Rutan Tanah Grogot Maksimalkan Pengamanan WBP Jelang Pemilu 2024

SIMPUL.MEDIA, Paser – Guna kelancaran proses pemilihan umum (Pemilu) 2024, Rumah tahanan (rutan) Tanah Grogot…

Polres Paser Kerahkan 374 Personel Pengamanan Pemilu 2024

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pada apel pergeseran pasukan Polres Paser, sebanyak 374 personel bakal dikerahkan dalam…

DPC PUTRI Paser Siap Bantu Kembangkan Wisata di Bumi Daya Taka

SIMPUL.MEDIA, Paser – DPC Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kabupaten Paser terbentuk untuk periode…

error: Content is protected !!