Songsong HPN 2024, PWI Paser Gelar Pelatihan Jurnalistik

Fri, 2 Feb 2024 15:25:11 | author Simpul Media
ekretaris PWI Kabupaten Paser, Anas Abdul Kadir saat menyampaikan materi pelatihan jurnalistik (Dok. Rul/Simpul.Media)
ekretaris PWI Kabupaten Paser, Anas Abdul Kadir saat menyampaikan materi pelatihan jurnalistik (Dok. Rul/Simpul.Media)

SIMPUL.MEDIA, Paser – Menyongsong Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2024 mendatang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Paser menggelar pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini menyasar pelajar SMA/SMK sederajat.

Puluhan pelajar didampingi guru pendamping terlihat antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan dalam pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni 2-3 Februari di Kyriad Sadurengas Hotel, Kecamatan Tanah Grogot.

Pelatihan jurnalistik dibuka Bupati Paser, Fahmi melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Kabupaten Paser, Abdul Kadir Sambolangi lebih dulu mengucapkan selamat HPN ke 29 tahun 2024.

Dirinya menuturkan kegiatan yang melibatkan wartawan di manapun belahan bumi, selalu menjadi hal yang istimewa. Ini karena profesi wartawan, adalah satu dari sedikit yang memberikan pencerahan, membuka mata dunia, memperpendek jarak, ruang dan waktu, serta membuat segalanya menjadi mudah.

Wartawan, yang dulu populer dengan nama kuli tinta, lalu berubah jadi kuli disket, kuli handphone, dan sekarang jadi kuli smartphone. Kerjanya berkeliaran di jalan, berkejaran dengan perjalanan matahari, menantang derasnya hujan dan badai, tapi produknya tak kalah dengan direktur.

Dikatakan Kadir, pelatihan jurnalistik oleh wartawan sebagai panitia pelaksana kegiatan merupakan salah satu implementasi dari tujuan nasional, dimana oleh para pelajar yang hadir sebagai peserta dapat menyerap setiap ilmu baru yang disampaikan.

“Apa yang dilakukan ini dengan adanya pelatihan jurnalistik guna mencetak SDM yang bersaing untuk Indonesia Emas 2045. Bagaimana mempersiapkan generasi untuk menjadi pemain, dan bukan penonton, di Ibukota Nusantara,” kata Abdul Kadir Sambolangi.

Dirinya mengharapkan para peserta pelatihan dapat menyerap setiap materi yang disampaikan. Rugi jika datang dan menghabiskan waktu, menguras energi dan pikiran, lalu tidak ada sesuatu yang dibawa pulang untuk bekal masa depan.

“Paser ke depan akan menjadi milik saudara sekalian (pelajar). Kami tentu akan sangat riang gembira, rela dan ikhlas menyerahkan tongkat estafet kepada generasi yang siap membangun Paser. Mari, kita wujudkan visi Paser MAS, yaitu masyarakat yang Maju Adil dan Sejahtera,” jelas Kadir.

Di tempat yang sama, Sekretaris PWI Kabupaten Paser, Anas Abdul Kadir mengaku bersyukur kegiatan pelatihan jurnalistik dalam menyongsong HPN 2024 berjalan lancar. Ia mengharapkan materi yang disampaikan mengenai dunia pers dapat diserap ilmunya.

“Mudah-mudahan materi-materi yang sampaikan ilmunya dapat dimanfaatkan,” ucap Anas Abdul Kadir, didampingi Ketua Panitia Pelaksana HPN ke-XXIX Kabupaten Paser, Dwi Cahyo Margo Utomo.

Dirinya menuturkan kegiatan pelatihan jurnalistik dapat terlaksana berkat dukungan dari pelajar atau pihak sekolah yang semangat untuk ikut serta. Kemudian dukungan dari stakeholder dan mitra kerja media.

“Alhamdulillah banyak peserta yang mendaftar dari sekolah yang ada di Kabupaten Paser. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus terlaksana secara kontinyu,” harap Anas.

Adapun materi yang dipaparkan dalam pelatihan jurnalistik mencakup kode etik jurnalistik, pemahaman pers di era society 5.0, perbedaan media, sosial media, berita dan opini, kemudian antisipasi berita hoaks dan bijak menggunakan sosmed.

“Serta ada materi pengelolaan sosial media dan konten kreatif, praktik pembuatan berita dan teknik pengambilan gambar, serta cara membuat konten,” tutup Anas.

Untuk diketahui, pada HPN 2024 ini PWI Kabupaten Paser juga akan menggelar donor darah pada Minggu (4/1/2024) di Desa Tapis, serta turnamen e-Sport selama tiga hari dimulai 7 sampai 9 Februari.

(MS02)

BACA JUGA

News Feed

MPC PP Paser Kawal Proses Rekapitulasi Suara Pemilu Diseluruh Kecamatan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Paser turut serta mengawal…

Berkah Pemilu 2024, Kursi PKB di DPRD Paser Melejit Signifikan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Perolehan kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pemilu 2024 melejit siginifikan. Untuk diketahui,…

2 Hari Pencarian, Seorang Pria Terjatuh Dari Jembatan Sungai Kandilo Ditemukan Tak Bernyawa

SIMPUL.MEDIA, Paser – Setelah 2 hari pencarian Hairuddin Asfriansyah (23) yang diduga terjatuh di Jembatan…

Pria di Paser Dikabarkan Terjatuh Dari Jembatan Sungai Kandilo, Tujuh Jam Pencarian Belum Ditemukan

SIMPUL.MEDIA, Paser – Seorang warga asal Kelurahan Tanah Grogot, Kecamatan Tanah Grogot, Hairudin Afriansyah (23)…

Rutan Tanah Grogot Maksimalkan Pengamanan WBP Jelang Pemilu 2024

SIMPUL.MEDIA, Paser – Guna kelancaran proses pemilihan umum (Pemilu) 2024, Rumah tahanan (rutan) Tanah Grogot…

Polres Paser Kerahkan 374 Personel Pengamanan Pemilu 2024

SIMPUL.MEDIA, Paser – Pada apel pergeseran pasukan Polres Paser, sebanyak 374 personel bakal dikerahkan dalam…

DPC PUTRI Paser Siap Bantu Kembangkan Wisata di Bumi Daya Taka

SIMPUL.MEDIA, Paser – DPC Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kabupaten Paser terbentuk untuk periode…

Dampak IKN, Wisatawan di Kaltim capai 8,3 Juta Pengunjung

SIMPUL.MEDIA, Paser – Seiring hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser…

Polres Paser Ringkus Dalang Bisnis Gelap Sabu di Kecamatan Tanah Grogot

SIMPUL.MEDIA, Paser – Polres Paser kembali mengungkap kasus peredaran narkotika jenis sabu-sabu yang di dalangi…

error: Content is protected !!